Perhotelan

Konsentrasi Keahlian Perhotelan SMKN 2 Pacitan memiliki tujuan untuk menyediakan sumberdaya manusia yang profesional di bidang hospitality. Kurikulum yang digunakan selalu up date dengan keahlian yang dibutuhkan di Hotel maupun Restaurant. Pengajar berasal dari kalangan akademisi dan praktisi perhotelan yang memiliki pendidikan dan pengalaman yang capable sehingga mata pelajaran yang diajarkan selalu up to date dengan perkembangan dunia usaha bidang hospitality. Untuk menunjang proses praktikum, kompetensi keahlian perhotelan memiliki beberapa laboratorium praktek yaitu Pace Edotel dengan berbagai fasilitas praktek seperti Lab. Front Office, Lab. Guest Room, Lab. Lab. Meeting Room, Lab. Food and Beverage, dll. Dalam  melakukan praktek peserta didik menggunakan seragam praktek khusus layaknya karyawan hotel/restaurant. Pada akhir studinya setiap peserta didik akan mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) sebagai bukti kompetensi peserta didik.

Visi Misi

  • Visi
    • “Menjadi Konsentrasi Keahlian Perhotelan yang bisa menjadi mitra utama bisnis dalam menghasilkan lulusan yang profesional dibidang perhotelan (hospitality industry) yang berkualitas dan berdaya saing global.”
  • Misi
    • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang mendukung tercapainya profesionalisme lulusan berdasarkan kepentingan internal dan eksternal.
    • Menciptakan kondisi belajar mengajar yang kreatif dan interaktif guna mendukung tercapainya kemandirian dan profesionalitas lulusan dengan menjunjung tinggi etika akademis.
    • Menjalin kerjasama dengan stakeholder dalam pemenuhan sumber daya manusia profesional di bidang perhotelan yang berkompeten dan ber-attitude dan selalu siap dengan informasi yang up-date dalam kepariwisataan
    • Memperluas Akses dan jejaring dengan Industri untuk mendukung pengembangan kerjasama nasional
    • Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan teknis dan kemampuannya berwirausaha yang inovatif di bidang pariwisata & perhotelan

Mitra DU/DI

  • El Hotel Royale Malioboro Yogyakarta
  • Hotel Phoenix Yogyakarta
  • Hotel Grand Mercure Yogyakarta
  • Hotel Grand Rohan Yogyakarta
  • Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta
  • Swiss-Belboutique Yogyakarta
  • Hotel Forriz Yogyakarta
  • Hotel Arjuna Yogyakarta
  • Solo Paragon & Residences Surakarta
  • Hotel Brothers Solo Baru
  • Hotel Alloro Pacitan
  • Hotel Prasasti Pacitan
  • Hotel Permata
  • Guest House Cokro Syariah Pacitan
  • Hotel Grand Bromo Pacitan
  • Resort Parai Pacitan

Kompetensi Lulusan

  • Melaksanakan tugas reservasi, menyediakan jasa porter, layanan akomodasi reception, memproses transaksi keuangan, menjelaskan fasilitas dan pelayanan hotel, menyajikan informasi yang dibutuhkan tamu, dan melakukan komunikasi melalui telepon.
  • Menyediakan layanan housekeeping untuk tamu, membersihkan lokasi/area dan peralatan, dan merangkai bunga sesuai pedoman dasar, Menyiapkan kamar untuk tamu, menangani kehilangan dan penemuan barang, menangani linen, pakaian seragam karyawan dan tamu, melaksanakan proses laundry, dan layanan laundry valet.
  • Menyediakan layanan Food & Beverage, Menyediakan layanan room service, Menerima dan menyimpan persediaan barang.

Pengguna Tamatan

  • Hotel – Receptionist, Concierge, Room Attendant (Petugas Kamar), Public Area Attendant, Pramusaji (Waiter/s), Marketing
  • Tempat Wisata – Staff Ticketing, Tour Guide
  • Restaurant, Kafe, Rumah Makan, Pastry & Bakery – Pramusaji (Waiter/s)
  • Bisnis Laundry
  • Kapal Pesiar (Galley Steward, Room Attendant, Waiter/s)
  • Wirausaha (Kafe, Rumah Makan, Usaha Binatu/ Laundry)